4 Nama Pakaian Adat Jawa Barat, Gambar & Keunikannya

The Ultimate Guide To Pakaian Adat Jawa Barat – Nama dan Ciri Khasnya


sudah melekat pada budaya Sunda. Budaya Sunda adalah salah satu kebudayaan tertua di Indonesia. Banyak sekali ragam dan bentuk budaya jawa barat khususnya sunda yang sangat khas. Dan beberapa diantaranya adalah warisan leluhur yang tak ternilai harganya dan harus dipertahankan. Selain dari pada nilai-nilai kesopanan luhur yang dijunjung tinggi, kita mengenal begitu banyak peninggalan budaya leluhur yang tentu harus senantiasa dilestarikan selamanya.


6 Pakaian Adat Jawa Tengah Pria dan Wanita Serta Penjelasan6 Pakaian Adat Jawa Tengah Pria dan Wanita Serta Penjelasan


Selain dari yang disebutkan di atas, suku Sunda juga memiliki warisan adat yang juga tidak kalah berharganya. Baju Adat Sunda. Daerah Sunda pastinya memiliki pakaian yang khas. Artinya berbeda dengan baju dari daerah lainnya yang tentu punya keunikan tersendiri. Secara geografis, Sunda berada di Pulau Jawa sebelah barat, meliputi Banten dan Jawa Barat.


Walaupun pada kenyataannya orang dari suku Sunda kini telah banyak menyebar di berbagai penjuru nusantara maupun dunia. Find Out More Here itu tidak terlepas dari aspek sejarahnya. Zaman dahulu, berdasarkan kasta atau sastra sosial masyarakat Sunda teradapat perberdaan busana atau pakain adat daerah ini.


[Gambar+Penjelasan] Pakaian Adat Jawa Barat Yang Elok Can Be Fun For Anyone



Namun untuk zaman sekarang ini, pengelompokan pakaian adat Sunda berdasar pada strata sosial maupun status di masyarakat tersebut sudah tidak relevan. Jangan hanya mengetahui jenis saja tanpa mengetahui maknanya. Namun kendati begitu, bagaimana sebenarnya perwujudan dan penjelasan tentang pakaian Sunda dalam 3 jenis kelompok strata sosial tersebut. Rakyat biasa (jelata), menengah dan menak atau bangsawan.


Inilah Busana Adat Khas Jawa Barat√ Mengenal Pakaian Adat Sunda yang Berdasarkan Strata Sosial


Baju Pangsi dan Kebaya Sunda + Kain Kebat (Pakaian Kelas Bawah) Pengelompokan baju adat Jawa Barat untuk orang kelas biasa dan bawah. Pakaian untuk kelas biasa terlihat sederhana dan terkesan usang. Kaum kelas bawah biasa dikenal kaum petani di kalangan masyarakat Sunda. Pakaian laki-laki. Bagi laki-laki, biasa memakai celana dengan ukuran besar atau biasa disebut ‘celana komprang’ atau pangsi.


Namun seringnya paduan pakaian atas bawah disebut sebagai baju pangsi. Tidak lupa juga dengan sarung sebagai selempang untuk ciri khasnya. Untuk alas kaki menggunakan shoe tarumpah terbuat dari kayu untuk aksesoris, biasa sabuk, ikat kepala (logen) dengan model Barambang Semplak dan atau Hanjuang Nangtung. Pakaian Perempuan. Pakaian perempuannya itu biasanya mengenakan kain batik yang panjang (sarung kebat).


Unknown Facts About Daftar Nama Pakaian Adat di Indonesia dan Asal Daerahnya


Kemudian juga memakai beubeur disebut juga sabuk atau ikat pinggang dilengkapi juga dengan kamisol dan kebaya. Kedua motif ini dibalut dengan batik yang anggun. Alas kaki mengenakan shoe jepit keteplek. Variasi Kebaya dan Baju untuk Kelas Atas Perbedaan tampilan Pakaian ini tampak kontras dan jelas dibanding pakaian untuk rakyat jelata seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *